Resep Masak Empek-Empek Kapal Selam Enak

Berikut ini adalah Resep Masak Empek-Empek Kapal Selam Enak yang telah kami update pada Selasa, Agustus 05, 2014,semoga bisa membantu para ibu ibu dan mbak-mbak atau siapapun yang suka memasak.
Resep Masakan menampilkan resep terbaru dari berbagai daerah,itulah sebabnya anda bisa menemukan beragam resep-resep makanan disini. Blog Resep Masakan berharap apa yang kami tampilkan sesuai dengan apa yang anda cari,untuk membantuk kami tetap aktif dan berkembang,silahkan bagikan Resep Masak Empek-Empek Kapal Selam Enak dibawah ini.
Advertisement
Resep Masak Empek-Empek Kapal Selam Enak

Bahan:
1500 gram tepung sagu
1 kg ikan tenggiri
5¼ sendok makan garam
2 sendok teh micin
½ liter air dingin atau es
10 buah telur ayam
1 liter air
5 siung bawang putih
2 sendok makan ebi
10 buah cabai rawit
250 gram gula aren
50 gram asam jawa
4 buah mentimun
minyak goreng

Cara Pengolahan:
1 Bersihkan ikan tenggiri dan giling pakai gilingan daging, hanya dagingnya saja, kulit dan durinya dibuang.
2 Campurkan ikan giling dengan air dingin. Masukkan garam, micin dan diaduk rata. Masukkan tepung sagu perlahan-lahan sambil diaduk dan diuleni. Bila adonan sudah kalis (tidak lengket), sisihkan.
3 Didihkan 500 ml air, tambahkan sedikit minyak goreng. Ambil 125 gr adonan pempek, bentuk seperti cawan / kantung. Pecahkan telur dalam gelas bercorong, tuang ke dalam kantung pempek.
4 Rapatkan lubang kantung sedikit demi sedikit dengan cara dicubit dari satu ujung ke ujung lainnya. Segera masukkan ke dalam air mendidih, rebus hingga mengapung. Angkat, siram air dingin. Tiriskan dan angin-anginkan.
5 Bersihkan, cuci, haluskan bawang putih, ebi, cabai rawit.
6 Didihkan 500 ml air, gula aren, asam jawa, ¼ sendok makan garam lalu disaring. Masukkan bawang putih, ebi, cabai rawit. Didihkan kembali. Angkat.
7 Cuci, potong mentimun kecil-kecil. Sisihkan.
8 Goreng empek-empek sampai kecoklatan.
9 Sajikan hangat bersama dengan kuah empek-empek dan irisan mentimun.
Advertisement